Wisatawan Buru Kerajinan Dari Bahan Kulit Khas Garut

Garut – Wisatawan maupun pemudik memburu sejumlah produk kerajinan dari bahan kulit domba dan sapi khas Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada musim libur Hari Raya Lebaran, Selasa, untuk dijadikan oleh-oleh maupun dipakai sendiri.

Produk kerajinan kulit itu dijual ramai di kawasan Sukaregang, Kecamatan Garut Kota yang menjadi sentra penjualan produk di kota itu.

Pemilik toko kerajinan kulit, Agus mengatakan, musim libur Lebaran kawasan Sukaregang banyak didatangi pembeli yang merupakan wisatawan maupun pemudik.

“Pengunjung yang datang berasal dari dalam kota, bahkan ada juga dari luar kota seperti Bandung dan Jakarta,” kata Agus.

Ia menuturkan, kawasan Sukaregang selalu ramai dikunjungi oleh pembeli pada musim libur termasuk libur Lebaran untuk membeli berbagai macam produk seperti jaket kulit, sepatu, sabuk, dompet maupun gantungan kunci.

Ramainya pembeli, kata dia, telah memberikan keuntungan bagi pedagang dengan omzet dalam sehari mencapai 100 persen dibandingkan hari biasa.

“Omzet penjualan dilibur Lebaran ini meningkat hingga mencapai 100 persen,” katanya.

Seorang pengunjung, Pepi asal Bandung mengatakan, sengaja datang ke sentra kerajinan kulit yang menjadi khas Garut untuk membeli beberapa barang.

Ia mengatakan, produk yang dibelinya bukan untuk dipakai sendiri tapi ada yang dijadikan buah tangan atau oleh-oleh untuk dibagikan kepada saudara-saudaranya.

“Selain dipakai untuk sendiri, juga untuk oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga,” katanya.

Sementara itu, kawasan Sukaregang di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Gagak Lumayung banyak berjejer toko yang menjual berbagai macam produk dari bahan kulit.

Kawasan tersebut tampak ramai oleh kendaraan pribadi dari luar kota yang parkir di pinggir jalan. (Ant)