Ribuan Wisatawan Padati Situs Gunung Padang

Cianjur – Seribuan wisatawan asal Bandung dan Jakarta memadati Situs Gunung Padang di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat, untuk menghabiskan libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Sampai siang tercatat seribu pengunjung masuk ke area situs, sebagian besar menggunakan sepeda motor bernopol Bandung dan Jakarta. Hari kedua lebaran, jumlahnya meningkat tajam,” kata Bambang petugas tiket saat dihubungi, Senin.

Dia menuturkan, meningkatnya angka kunjungan diprediksi terjadi sepanjang libur pajang hari raya hingga libur sekolah usai.

“Satu pekan ke depan diperkirakan akan terus meningkat karena libur yang cukup panjang dan libur sekolah yang sampai dua pekan ke depan,” katanya.

Seiring meningkatnya jumlah wisatawan itu, pengelola mengimbau warga untuk mematuhi zona yang diperbolehkan dan dilarang untuk pengunjung agar keamanan dan kebersihan situs tetap terjaga.

“Puluhan juru pelihara situs bertugas untuk mengigatkan pengunjung agar tidak melanggar zona yang telah ditentukan,” katanya.

Sementara hal yang sama terlihat di lokasi wisata bernuansa alam di Kecamatan Mande, di tempat wisata Poklan. Ribuan pengunjung yang merupakan wisatawan lokal menggelar acara halal bihalal dengan menggelar tikar di sejumlah titik atau sekadar berkeliling menikmati hawa hutan yang dikelilingi sungai milik Perhutani itu.

“Karena ini tempat wisata baru, kami datang ke sini bersama keluarga besar untuk halal bihalal. Lokasinya tidak kalah dengan tempat wisata di Bandung atau daerah lain di Indonesia,” kata Reva (35) pengunjung yang datang bersama keluarga besarnya.

Dia menuturkan, dengan ditambahnya sejumlah wahana di lokasi tersebut, menambah daya tarik Poklan yang wajib dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar Cianjur.

“Wahana yang disediakan sangat menarik dan belum ada di lokasi wisata lain di Jawa Barat. Saya akan rekomendasikan tempat ini,” katanya. (Ant)