PLN Jabar Resmikan 233 Dusun Teralir Listrik

Bandung – PT PLN Distribusi Jawa Barat meresmikan jaringan listrik perdesaan untuk 233 dusun tersebar di beberapa kabupaten di Jabar, sehingga masyarakat pelosok daerah ini dapat menikmati aliran listrik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kami dalam Program Jaringan Listrik Perdesaan ini baru 233 dusun dari 156 desa, pada beberapa kabupaten,” kata General Manager PT PLN Distribusi Jabar Iwan Purwana, saat peresmian Program Jaringan Listrik Perdesaan 2017, di Desa Tanjung Karang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis.

Ia menuturkan, program listrik pedesaan 2017 itu baru sebagian dari total yang belum teraliri listrik di Jabar sebanyak 891 dusun.

Namun seluruh dusun di Jabar yang belum teraliri listrik itu, kata dia, tidak lama lagi akan mendapatkan jaringan listrik yang ditargetkan tuntas 2018.

“Sebenarnya kami punya program 891 dusun, targetnya Februari dan Maret akan diresmikan,” katanya lagi.

Dia mengungkapkan, kendala membangun jaringan listrik di pelosok daerah salah satunya akses jalan yang sulit ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

Namun kendala itu, kata dia lagi, masih bisa diatasi dengan cara manual menggunakan tenaga manusia untuk membawa peralatan pemasangan jaringan listriknya.

“Tidak begitu mudah membuat jaringan, kesulitannya akses jalan, di sini (Tasikmalaya) masih bisa dilalui roda empat, di desa lain di Cianjur harus dipanggul,” katanya pula.

Ia menyampaikan, program jaringan listrik perdesaan pada 233 dusun tersebut mendapatkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat yang lahannya digunakan untuk pendirian tiang listrik.

Ia berharap, dukungan dari semua pihak dapat mencapai target seluruh masyarakat di Jabar dapat menikmati jaringan listrik. “Mohon dukungannya, termasuk program memasuki dusun-dusun yang belum nyala listriknya,” kata dia.

Direktur PLN Jawa Bagian Tengah Amir Sidik yang menghadiri acara peresmian itu menambahkan, program jaringan listrik perdesaan merupakan program pemerintah untuk melistriki seluruh Indonesia. “Seluruh desa sudah terlistriki cuma dusun-dusunnya saja belum,” katanya.

Kepala Desa Tanjung Karang Lalan Jaelani menyampaikan terima kasih kepada PLN Jabar yang telah membangun jaringan listrik di Desa Tanjung Karang sebelumnya terdapat beberapa dusun belum teraliri listrik.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PLN yang telah membantu kami, khususnya Desa Tanjung Karang sehingga sekarang sudah ada jaringan listrik,” katanya pula. (Ant)